Kamis, 21 Juni 2012

Hassan al-Banna

0 komentar

Hassan al-Banna

Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas
Hasan al-Banna حسن البنا
Pendiri dan 1 Panduan Umum MesirIkhwanul Muslimin
Di kantor
1928-1949
Digantikan olehHassan al-Hudhaibi
Pribadi rincian
Lahir14 Oktober 1906Mahmoudiyah , Beheira , Mesir
Meninggal12 Februari 1949 (umur 42)Kairo , Mesir
Alma materDar al-Ulum
AgamaMuslim Sunni
Sheikh Hasan Ahmed Abdel Rahman Muhammed al-Banna ( bahasa Arab : حسن أحمد عبد الرحمن محمد البنا , IPA:  [ħæsæn æħmæd ʕæbdeɾɾ ˤ ɑħmɑ ː n mæħæmmæd elbænnæ] ) yang dikenal sebagai Hasan Al-Banna (14 Oktober 1906 - 12 Februari 1949) adalah seorang guru sekolah dan imam, yang terkenal karena mendirikan Ikhwanul Muslimin , salah satu yang terbesar dan paling berpengaruh abad ke-20 revivalis muslim organisasi.

Isi

  [ sembunyikan ] 

sunting ]Biografi

sunting ]Kehidupan awal

Banna dilahirkan pada tahun 1906 di Mahmoudiyah, Mesir (utara-barat dari Kairo di delta Nil). [ 1 ] Ayahnya, Syaikh Ahmad 'Abd al-Rahman al-Banna Al-Sa'ati, adalah lokal imam(pemimpin doa ) dan masjid guru dari Hanbali ritus. Saudaranya adalah Gamal al-Banna .Ia menjalani pendidikan di Dar Al-Uloum sekolah di Kairo. [ 2 ] Dia menulis dan berkolaborasi pada buku-buku tentang Islam tradisi, dan juga memiliki toko tempat ia memperbaiki jam tangan dan gramophones dijual. Meskipun Syekh Ahmad al-Banna dan istrinya memiliki beberapa properti, mereka tidak kaya dan berjuang untuk memenuhi kebutuhan, terutama setelah mereka pindah ke Kairo pada tahun 1924. Seperti banyak orang lainnya, mereka menemukan bahwa belajar Islam dan kesalehan tidak lagi sebagai sangat dihargai di ibukota, dan pengerjaan yang tidak bisa bersaing dengan industri besar. [ 3 ] [ 4 ]
Ketika Hasan al-Banna berusia dua belas tahun, ia menjadi terlibat dalam sufi ketertiban, dan menjadi anggota penuh dimulai pada tahun 1922. [ 5 ] [ 6 ] Pada usia tiga belas, ia berpartisipasi dalam demonstrasi selama revolusi tahun 1919 melawan Inggris aturan .[ 7 ] [ 8 ]

sunting ]Pembentukan Ikhwanul Muslimin

Ini adalah untuk menyebarkan pesan ini bahwa Al-Banna meluncurkan masyarakat dari Ikhwanul Muslimin Maret 1928. Pada awalnya, masyarakat hanya salah satu dari berbagai asosiasi Islam kecil yang ada pada saat itu. Mirip dengan yang Al-Banna sendiri telah bergabung sejak ia berusia 12 tahun, asosiasi ini bertujuan untuk mempromosikan kesalehan pribadi dan terlibat dalam kegiatan amal.Pada akhir 1930-an, ia telah mendirikan cabang di setiap provinsi Mesir.
Satu dekade kemudian, hal itu 500.000 anggota aktif dan sebagai banyak simpatisan di Mesir saja, sedangkan daya tariknya sekarang dirasakan di beberapa negara lain juga. Pertumbuhan masyarakat terutama diucapkan setelah Al-Banna dipindahkan kantor pusatnya ke Kairo pada tahun 1932. Faktor yang paling penting yang membuat ekspansi ini dramatis mungkin adalah kepemimpinan organisasi dan ideologis yang disediakan oleh Al-Banna.
Dalam Ismailia , ia berkhotbah di masjid, dan bahkan di rumah kopi, yang kemudian hal yang baru dan pada umumnya dipandang sebagai moral tersangka. Pada awalnya, beberapa pandangannya tentang poin yang relatif kecil dari praktik Islam menyebabkan perbedaan pendapat yang kuat dengan elit agama setempat, dan ia mengadopsi kebijakan menghindari kontroversi agama. [ 9 ] [ 10 ]
Dia terkejut oleh tanda-tanda mencolok banyak dominasi militer dan ekonomi asing di Isma'iliyya yaitu Inggris kamp militer, pelayanan umum yang dimiliki oleh kepentingan asing, dan tempat tinggal mewah dari karyawan asing dari Terusan Suez Perusahaan , sebelah jorok tempat tinggal para pekerja Mesir. [ 9 ]

sunting ]Aktivitas Politik

Dia berusaha untuk membawa perubahan, dia berharap untuk melalui lembaga-gedung, aktivisme tanpa henti di tingkat akar rumput, dan ketergantungan pada komunikasi massa. Dia melanjutkan untuk membangun sebuah gerakan massa yang kompleks yang menampilkan struktur pemerintahan canggih; bagian yang bertanggung jawab untuk melanjutkan nilai-nilai masyarakat di kalangan petani, buruh, dan profesional; unit dipercayakan dengan fungsi kunci, termasuk propagasi dari penghubung, pesan dengan dunia Islam, dan tekan dan terjemahan, dan komite khusus untuk keuangan dan urusan hukum.
Dalam anchoring organisasi ini ke masyarakat Mesir, Al-Banna mengandalkan yang sudah ada jaringan sosial, khususnya pada mereka yang dibangun di sekitar masjid, asosiasi kesejahteraan Islam, dan kelompok lingkungan. Ini tenun ikatan tradisional menjadi struktur khas modern pada akar kesuksesannya. Langsung terpasang bagi persaudaraan, dan makan ekspansi, adalah berbagai bisnis, klinik, dan sekolah. Selain itu, anggota berafiliasi dengan gerakan melalui serangkaian sel, revealingly disebut usar (families. tunggal:usrah ).
Materi, dukungan sosial dan psikologis sehingga membuat berperan pada kemampuan gerakan untuk menghasilkan loyalitas yang sangat besar antara para anggotanya dan untuk menarik anggota baru. Layanan dan struktur organisasi masyarakat sekitar yang dibangun tersebut dimaksudkan untuk memungkinkan individu untuk berintegrasi ke dalam pengaturan jelas Islam, prinsip-prinsip sendiri dibentuk oleh masyarakat.
Berakar dalam Islam , pesan Al-Banna ditangani masalah termasuk kolonialisme , kesehatan masyarakat , pendidikan kebijakan,sumber daya alam manajemen, Marxisme , kesenjangan sosial , nasionalisme Arab , kelemahan dunia Islam di kancah internasional, dan konflik yang berkembang di Palestina . Dengan menekankan keprihatinan yang menarik berbagai konstituen, Al-Banna mampu merekrut dari antara penampang masyarakat Mesir - meskipun modern berpendidikan pegawai negeri, karyawan kantor, dan profesional tetap dominan di kalangan aktivis organisasi dan pengambil keputusan. Al-Banna juga aktif dalam melawan kekuasaan Inggris di Mesir.

sunting ]Hari terakhir dan Pembunuhan

Antara 1948 dan 1949, tak lama setelah masyarakat mengirim relawan untuk memerangi Israel dalam Perang Arab-Israel 1948 , konflik antara monarki dan masyarakat mencapai klimaksnya. Berkaitan dengan ketegasan meningkat dan popularitas persaudaraan, serta dengan desas-desus bahwa itu merencanakan kudeta , Perdana Menteri Mahmoud sebuah-Nukrashi Pasha bubar itu pada bulan Desember 1948. Aset organisasi disita dan puluhan anggotanya yang dikirim ke penjara. Setelah pembunuhan Pasha, Al-Banna segera mengeluarkan pernyataan mengutuk pembunuhan itu, yang menyatakan bahwa teror bukan cara yang dapat diterima dalam Islam.[ 11 ] [ 12 ]
Hal ini pada gilirannya mendorong pembunuhan Al-Banna. Pada tanggal 12 Februari 1949 di Kairo , Al-Banna di markas al-Shubban Jamiyyah al-Muslimin dengan saudaranya iparnya Abdul Karim Mansur untuk berunding dengan Menteri Zaki Ali Basha yang mewakili pihak pemerintah. Menteri Zaki Ali Basha tidak pernah tiba. Dengan 5 sore, Al-Banna dan saudaranya iparnya memutuskan untuk pergi. Saat mereka berdiri menunggu taksi, mereka ditembak oleh dua pria. Dia akhirnya meninggal karena luka-lukanya.
Untuk menghormati kematiannya pada 1949, ia sering disebut sebagai "As-Syahid Imam Hassan Al-Banna" (Martir Imam Hassan Al-Banna).

0 komentar:

Posting Komentar